Maaf kalo jelek dan ada kata kata yang kepanjangan , masih newbie blm terlalu pandai ngedit nya !

3 Cara Mempercepat Booting Windows 7

by AndrewPane , at 01.12 , have 2 komentar

3 Cara Mempercepat Booting Windows 7


Proses boot yang cepat memang menjadi keinginan semua orang, terlebih bagi kamu yang memang memiliki rutinitas sehari-harinya didepan komputer. Nah dibawah ini WinPoin memberikan 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat proses booting Windows 7.

Mengatur Program & Service Pada saat Startup

mempercepatbootwindows7_1
Cara pertama yang dapat dilakukan yakni dengan mengatur program-program yang berjalan otomatis pada saat komputer dinyalakan. Caranya gunakan kombinasi tombol WinKey + R untuk membuka kotak RUN, lalu ketikan “msconfig“. Setelah terbuka navigasikan ke tab Startup dan kamu akan melihat banyak Startup Item yang bisa kamu hilangkan dengan cara menghilangkan tanda centang. Dari sini WinPoin menyarankan kamu untuk hati-hati dalam memiliki startup yang ingin di disable karena jika salah bisa berakibat pada sistem ataupun driver. Jadi sebagai acuannya pastikan kamu Tidak :
  1. Menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Brand komputer (Seperti ASUS, Acer, HP, dsb)
  2. Menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Microsoft Corporation
  3. Menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Merek Prosessor (Seperti Intel ataupun AMD)
  4. Menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Driver (Seperti Synaptics Pointer, dsb)
Nah sisanya adalah Software. Jika kamu tidak menggunakan software tersebut maka kamu bisa mendisablenya. Setelah selesai pilih OK.
NB : Jika cara ini menurut kamu begitu sulit, kamu bisa meninggalkan opsi ini dan menggunakan opsi lainnya dibawah ini.

Disable Driver yang tidak digunakan

mempercepatbootwindows7_2a
Driver juga turut berkontribusi dalam membuat lamanya proses booting Windows 7. Hal ini terjadi karena pada fase ini WinLogon menginstall beberapa komponen seperti session, service dan juga driver, dan jika kamu menginstall banyak driver tentunya akan membuat proses boot sedikit lebih lama.
mempercepatbootwindows7_2
Untuk itu nonaktifkan saja driver yang tidak digunakan. Caranya buka start menu lalu ketikan “Device manager“. Kemudian klik kanan driver yang ingin kamu nonaktifkan lalu pilih Disable. Setelah itu coba kamu boot ulang windows 7 kamu dan kamu akan merasakan ada sedikit perbedaan.

Delay Service pada Saat Startup

mempercepatbootwindows7_3
Selain driver pada saat proses boot, system meload service yang akan berjalan otomatis pada saat startup. Hal ini tentunya juga akan membuat proses boot menjadi lebih lambat. Untuk itu menmberikan delay waktu untuk membuka service yang berjalan saat start-up bisa meningkatkan kecepatan windows pada saat booting. Caranya buka kotak RUN ketikan “services.msc“, lalu setelah terbuka pilih service yang berjalan otomatis pada saat startup. Klik 2x untuk membuka menu properties. Setelah terbuka pada bagian startup type ubah menjadi Automatic (Delayed Start). Pilih OK untuk perubahannya.
NB : Pastikan kamu mendelay service yang tidak ada hubungannya dengan Internal Sistem Windows ataupun Network. Cari Service yang tidak penting, seperti software pihak ketiga.

Nah itulah 3 Cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat Booting Windows 7 menjadi lebih cepat. Jika kamu memiliki masalah seputar Windows kamu bisa bertanya langsung di Forum WinPoin. Sampai jumla di tutorial WinPoin selanjutnya.

AndrewPane
3 Cara Mempercepat Booting Windows 7 - written by AndrewPane , published at 01.12, categorized as Computer . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Cancel Reply
GetID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright ©2013 Blog Newbie by
Theme designed by Damzaky - © Distributed by Kaizentemplate.
Powered by Blogger