Maaf kalo jelek dan ada kata kata yang kepanjangan , masih newbie blm terlalu pandai ngedit nya !

Pengertian grafik komputer & warna

by AndrewPane , at 23.04 , have 0 komentar

Pengertian grafik komputer & warna

1.Grafik Komputer

 Grafik komputer,mungkin kata-kata ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang sudah sering bergelut di dunia komputer,Grafik komputer memiliki arti sebagai berikut:
Grafik komputer adalah bagian dari komputer yang digunakan untuk memanipulasi gambar,
sehingga  grafik komputer ini sangat sering digunakan oleh orang-orang yang pekerjaan nya bergelut di bidang multimedia,
kalo soal kegunaan nya sih,bisa seperti membuat animasi,game ,membuat brosur,iklan dll
Perkembangan komputer grafis ini juga sekarang sangat memiliki dampak pada banyak jenis media dan juga perkembangan video game,sooo...,komputer grafis ini memiliki perkembangan yang sangat pesat' ini nih contoh dampak perkembangan komputer grafis di bidang video game,
http://www.youtube.com/watch?v=eY3Kdk_ka6g
Beberapa software/aplikasi yang bisa dipakai yaitu photoshop,Corel draw,AUTOCAD dll... hahaha selamat mencoba 


2. Warna

yah...kalo soal warna nih,warna mungkin kita sudah sering lihat seperti merah kuning atau hijau,
tapi kalo ditanya warna itu apa bisa jawab gk?
yah disini saya jelasin deh....
pengertian warna secara umum itu adalah gelombang cahaya ,warna adalah hasil persepsi dari cahaya di daerah spectrum electromagnetic yang dapat dilihat, yang mempunyai panjang gelombang dari 400nm sampai 700nm, yang datang ke retina manusia.retina memiliki 3 sel reseptor warna.
mungkin  secara singkat nya warna itu gelombang cahaya yang dapat dilihat oleh mata,warna itu memiliki spektrum gelombang yang berbeda-beda,sehingga mata kita melihat warna itu bisa bermacam-macam warna
selanjutnya saya mau jelasin tentang jenis-jenis warna yang ada:


1. warna asas merupakan warna-warna yang paling hebat kuasanya. Ia merupakan warna yang utama dalam pembentukan warna-warna yang lebih pelbagai.
Warna asas juga dikenali sebagai warna primer.
warna asas terdiri daripada 3 warna iaitu:
Merah
Biru
Kuning

2.Warna Sekunder

Warna Sekunder ialah warna yang terhasil daripada campuran dua warna asas. tiga warna sekunder tersebut ialah: jingga ,hijau dan ungu

3.Warna Tertier

Campuran satu warna asas dengan warna sekunder di sebelahnya. Warna tertier terdiri daripada 6 warna.
kuning jingga,kuning hijau,merah jingga,merah ungu,biru ungu ,dan biru hijau
Gelombang warna :

Dalam grafik komputer ada 4 jenis warna yaitu
- RGB
- CMYK
- LAB Color
- HLS
Sekian penjela
RGB adalah singkatan dari Red - Blue - Green adalah model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk "input devices" seperti scanner maupun "output devices" seperti display monitor, warna-warna primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi alat yang dipakai seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCD pada display monitor. Apabila (Red - Blue - Green) ketiga warna tersebut dikombinasikan maka terciptalah warna putih inilah mengapa RGB disebut ‘additive color'.
CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna (dalam model warna CIELab) dan nilai Opacity/Transparency.
HLS adalah suatu model warna yang diperoleh dari color space RGB dan device dependent color space. Di dalam HLS, ketiga karakteristik pokok dari warna adalah:
-Hue: adalah warna yang dipantulkan dari atau memancarkan melalui suatu obyek. Itu diukur sebagai lokasi pada standard color wheel, yang dinyatakan dalam tingkat antara 00 dan 3600.
-Lightness: adalah tingkat keterangan relatif atau kegelapan dari warna.Pada umumnya diukur dalam presentase dari 0% (hitam) ke 100% (putih).
-Saturation: kadang – kadang disebut chroma, adalah kemurnian atau kekuatan dari warna. Saturation menghadirkan jumlah kelabu sebanding dengan Hue, mengukur persentase dari 0% (Hitam)Kelabu sampai 100%( warna yang dipenuhi ). Pada standar color wheel,saturation meningkatkan dari pusat ke tepi.Penamaan model warna HLS bisa juga disebut model warna HSB (Hue –Saturation – Brightness).


LAB Color Model (Lab) berdasar kepada persepsi manusia atas warna, merupakan salah satu dari beberapa model warna yang diproduksi oleh Commission Internationale d’Eclairage (CIE), suatu organisasi yang dipersembahkan untuk menciptakan standard untuk semua aspek cahaya.Nilai numeric di dalam Lab menguraikan semua warna yang ditangkap seseorang dengan penglihatan normal. Sebab, Lab menguraikan bagaimana suatu warna dilihat dibandingkan dengan beberapa banyak bahan warna tertentu yang diperlukan untuk suatu alat (seperti: suatu monitor, desktop printer, atau kamera digital) untuk menghasilkan warna. Lab dianggap sebagai suatu device-independent color model.Color management system menggunakan Lab sebagai acuan warna untuk perubahan yang dapat diramalkan, suatu bentuk warna dari satu color space ke color space yang lain.Lab menguraikan warna dalam kaitannya dengan luminance atau lightness-components (L) dan dua chromatic components (a), komponen merah dan hijau dan (b) komponen (kuning dan biru).

Ada beberapa faktor yang terdapat dalam warna, seperti:
1) Intensitas

Intensitas adalah pengukuran terhadap suatu interval dari spektrum elektromagnetik dari
suatu aliran energi yang diradiasikan atau dikenakan ke permukaan. Pada layar monitor terdapat suatu voltase yang digunakan atau bertugas untuk mengendalikan intensitas dari komponen warna.

2) Luminansi

Luminasi adalah jumlah energi yang diterima oleh observer dari sumber
cahaya (dalam satuan lumens, lm). Dimana CIE mendefinisikan kuantitas
luminansi yaitu bobot kekuatan radian oleh fungsi sensivitas spektral
sebagai karakteristik dari vision

3) Lightness

Merupakan suatu respon dari mata manusia terhadap luminansi yang dihasilkan oleh layar
monitor dimana memberikan kesan terang atau tidaknya dari layar tersebut.

4) Hue

Berdasarkan CIE hue adalah atribut dari sensasi virtual berdasarkan daerah yang muncul
mirip dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru atau dua kombinasi-nya.

5) Saturasi

Berdasarkan CIE, saturasi adalah tingkat warna dari suatu daerah berdasarkan proporsi
brightness-nya. Saturasi dimulai dari warna abu-abu hingga pastel dari warna yang tersaturasi.


semoga tulisan saya tentang Komputer grafik dan warna semoga bermanfaat   : )
AndrewPane
Pengertian grafik komputer & warna - written by AndrewPane , published at 23.04, categorized as Computer . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright ©2013 Blog Newbie by
Theme designed by Damzaky - © Distributed by Kaizentemplate.
Powered by Blogger